Sabtu, 18 Juli 2009

Apa itu ODBC ?

Mungkin masih banyak diantara kita yang masih dibingungkan dengan istilah ODBC, terutama teman-teman yang baru coba-coba menggeluti dunia pemograman. Nah ini dia sekilas gambaran tentang ODBC.

ODBC merupakan kepanjangan dari Open Database Connectivity, yaitu seperangkat fungsi untuk melakukan koneksi database secara local maupun remote. Teknologi yang menerapkan koneksi ODBC ini dimaksudkan untuk mempermudah koneksi aplikasi kebebrapa database yang formatnya berbeda, misalnya format database Ms FoxPro, Ms Access, Ms SQL Server, My SQL ataupun Oracle.

Beberapa driver ODBC akan secara langsung terinstall ketika anda menginstal system operasi Windows (built in). diantara driver yang built in tersebut adalah Ms SQL Server, Ms FoxPro, Ms Access dan Ms Oracle dll. Sedangkan driver ODBC yang belum terinstall harus anda install terlebih dahulu jika ingin menggunakannya.

ODBC dapat memberikan suatu fasilitas interface produk yang bersifat netral diantara Aplikasi front end adan back end. Selain itu ODBC juga bisa memungkinkan user atau para programmer menulis aplikasi yang bisa dikembangkan diantara server dan vendor, karena itu ODBC mempunyai standar protokol yang menghubungkan segala jenis database server.


Beberapa keuntungan yang didapat dalam penggunaan ODBC :

  • ODBC merupakan interface yang dapat mengakses informasi dari SQL Server
  • ODBC merupakan interface antara berbagai database server
  • ODBC mampu memberikan Fasilitas interface produk yang netral.



Sekian dulu ya... nanti kita sambung lagi bagaimana cara penggunaan ODBC tesebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar